Minggu, 17 Februari 2013

Mengenal Cara Kerja Mesin VVT-i Toyota

Gambar mesin VVT-i Toyota 1NZ-FE
Mesin berteknologi VVT-i atau Variable Valve Timing with intelligence adalah mesin berteknologi variable valve timing yang dikembangkan oleh Toyota.

Teknologi VVT-i sering disalahartikan dengan injeksi,VVT-i bisa diterjemahkan dalam kalimat yang mudah di pahami adalah pengaturan pintar waktu untuk buka tutup valve atau klep mesin yang variatif.

Konsep mesin VVT-i adalah mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan dan kondisi pengemudian yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih efisien dan menurunkan tingkat emisi bahan bakar serendah mungkin.

Itulah sebabnya kendaraan bermesin teknologi VVT-i sanggup menghasilkan tenaga yang besar sekalipun kapasitas cc silinder mesin kecil. Contoh dengan putaran idle tanpa akselerasi, mesin sanggup membawa mobil berjalan.

Mekanisme atau cara kerja VVT-i cukup sederhana. Untuk menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) yang optimal, ECU (Electronic Control Unit) menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle (akselerator) dan temperatur air. Agar target valve timing selalu tercapai, sensor posisi chamshaft atau crankshaft memberikan sinyal sebagai respon koreksi.

Sistem VVT-i akan terus mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udara. Disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung demi menghasilkan torsi optimal di setiap putaran dan beban mesin. Teknologi VVT-i juga memberikan kelebihan minimnya biaya pemeliharaan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar